Lawan Berita Hoax - Pemuda Muhammadiyah Luncurkan AppsMu

PCMgerokgak.com – Penyebaran berita palsu atau dikenal juga dengan Hoax, menjadi satu permasalahan pelik di masyarakat. Terlebih jika berita tersebut cenderung memojokan salah satu pihak maka tentu akan menimbulkan kerugian bagi pihak tersebut.

Semakin berkembangnya era digital ternyata tidak hanya berdampak positif bagi masyarakat, hal ini juga dengan mudah dapat dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk menularkan informasi palsu melalui berbagai media sosial.

Dalam rangka menyikapi hal itu, Pimpinan Pusat Pemuda Muhamamdiyah melakukan upaya untuk meminimalisir penyebaran informasi hoax tersebut dengan membuat aplikasi dengan nama AppsMu. AppsMu resmi diluncurkan di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jalan Menteng Raya No. 62 Jakarta, Jumat (22/9).


“Pemerintah selama ini meminta kelompok masyarakat untuk berperan aktif terhadap penyebaran informasi Hoax, kami juga punya kekhawatiran yang sama terhadap itu. Nah, khusus untuk warga Muhammadiyah kami siapkan AppsMu ini, aplikasi khusus yang bisa memfilter mana informasi benar dan yang mana informasi hoax,” kata Dahnil AnzarSimanjuntak, Ketua Umum Pimpinan PusatPemuda Muhamamdiyah.
Dahnil menjelaskan teknis filterisasi informasi hoax tersebut dilakukan melalui perangkat keamana yang dibangun oleh tim IT.
Aplikasi AppsMU baru tersedia untuk pengguna ponsel Android, dan dapat didownload melalui link berikut ini => Download AppsMU
Aplikasi yang dibangun bersama beberapa perusahaan teknologi ini tidak hanya sekadar aplikasi berita, tetapi AppsMu juga menjadi aplikasi kegiatan ekonomi bagi warga Muhammadiyah. Hal ini menurut Dahnil sebagai upaya untuk membangun pasar ekonomi  khusus warga Muhammadiyah.

“Nanti kami akan buka pasarnya kalau warga sudah siap berkompetisi, jadi seperti tempat latihan transaksi ekonomi tertutup bagi warga Muhammadiyah,” terangnya.

Sebelumnya Pemuda Muhammadiyah juga meluncurkan aplikasi belanja online, mallmu, maka dalam hal ini mallmu menjadi bagian dari AppsMu yang juga menyediakan fitur donasi hingga pengelolaan organisasi. AppsMu juga memberikan voucher saldo sebesar Rp25000,- bagi 50 orang pertama yang memasang dan mendaftar di AppsMu.(Muhammadiyah.or.id-raipan)


EmoticonEmoticon