Sudahkah Cita - Cita Kita Berorientasikan Hidup Menuju Surga?

PCMgerokgak.com – Kajian Ahad Pagi oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Rungkut pada Hari Ahad 17 September 2017 mendatangkan Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jatim Tamhid Masyhudi sebagai narasumber. Kajian Ahad Pagi ini dilangsungkan di panti asuhan bayi Muhammadiyah Rungkut.


Dalam ceramahnya, Tamhid menjelaskan, banyak cara manusia untuk memilih hidup di dunia. Ada yang mencari jalur lurus atau baik bahkan ada yang mengambil jalur yang berbelok-belok atau buruk. Tergantung manusia memilihnya. Sebagaimna surat Al-Asr.
 “Wal as–asr innal insaa lafi khusr illaladina amanu wa amilusholihati… Jika hanya menggunakan kata insaa, maka kecenderungan hanya berorientasikan dunia semata. Sehingga hidup harus berorientasi akhirat dan menuju pencapaian tempat yang mulia,” tuturnya.
Seperti dicontohkan para sahabat yang berdoa memohon kepada Allah ketika di ka’bah. Abdurrahman Bin Auf berdoa agar mendapatkan kedudukan jabatan sebagai gubernur. Zubair Bin Auf berdoa agar mendapatkan jabatan kedudukan gubernur dan istri yang cantik. Al-Ahkam berdoa hanya berharap mendapatkan surga. Semua doa Allah kabulkan, Namun yang baik dan sesuai tujuan hidup yang mendapatkan surga Allah.

“Jadi kita harus membenahi arah dalam bertujuan hidup di muka bumi ini. Sebagaimana contoh para sahabat ketika nabi mengumumkan akan terjadi Perang Tabuk. Utsman membantu dengan memberi 100 kuda ditambah lagi 200 kuda. Umar Bin Khattab juga memberi sebagian hartanya untuk mendukung Perang Tabuk. Sedangkan Abu Bakar memberi semua hartanya. Sehingga ditegur sama Rasul: ‘terus bagaimana dengan keluargamu?’  Abu Bakar menjawab: ‘hanya Allah dan Rasulku yang akan menolong’.

Tamhid menerangkan, para sahabat itulah contoh manusia yang pasrah dan berorientasi karena Allah dan Rasul. 
“Pertanyaan buat kita, sudahkah cita-cita kita berorientasikan hidup menuju surga?” ujar Tamhid.
(pwmu.co - fyas/ilmi)


EmoticonEmoticon