Gubernur Aceh Menyesalkan Peristiwa Pembakaran Masjid

pcm gerokgak


PCMgerokgak.com - Terkait peristiwa pembakaran pondasi pembangunan masjid At Taqwa yang terjadi selasa kemarin, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf menyesalkan peristiwa tersebut.
Gubernur melalui akun facebooknya Irwandi Yusuf menulis yang intinya ” Di negara lain tidak pernah dengar masjid dibakar, kenapa di negeriku yang banyak orang alimnya ada masjid yang dibakar ”

Proses pembangunan Masjid milik Muhammadiyah kembali terjadi gangguan. Kali ini tiang-tiang cakar ayam pembangunan Masjid At Taqwa Muhammadiyah, Desa Sangso, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireuen dibakar sekelompok massa, Selasa (17/10/2017) sekira pukul 20.00 WIB.

Menurut Dr.Athailah Lathief, selaku Ketua PDM Bireun proses pembangunan Masjid sudah cukup lama dimulai, 3 tahun yang lalu, dimulai dengan pembebasan tanah 2700m dengan wakaf tunai jamaah muhammadiyah hingga bersertifikat tanah persyarikatan muhammadiyah,  pengurusan IMB, pembuatan talut dan jalan menuju lokasi lahan mesjid, pembersihan lahan, sampai pembuatan arah kiblat oleh kemenag Bireuen. Selama proses itu tidak terjadi masalah apa-apa.

Pasca kejadian tersebut Forkompimda setempat dan tokoh – tokoh agama sudah mengambil tindakan untuk menyelesaikan persoalan ini.

Kapolres Bireun AKBP, Riza Yulianto melalui Kasat Reskrim Iptu Rizki Andrian mengatakan kasus tersebut sedang diselesaikan di Pendopo Bireun yang melibatkan, Pemerintah Kabupaten Bireuen, Forum Kerukunan Umat Beragama Bireun bersama sejumlah tokoh dan pemuka agama.

Menurutnya dalam kasus ini akan lahir tiga tahapan jika itu merujuk pada Pasal 26 Qanun Nomor 4 Tahun 2016, tentang Rumah Ibadah.

“Bila dalam musyawarah yang dilakukan hari ini tidak menemukan jalan keluar maka nantinya kasus tersebut akan kita proses sesuai jalur hukum yang berlaku,” terang usai mengikuti rapat tersebut Rizki.

“Dari bukti rekaman foto dan sejumlah keterangan saksi, kasus ini memiliki dua persoalan, yaitu terkait sengketa pembangunan sebuah balai dan unsur tindak pidana pembakaran yang dilakukan sekelompok orang tak dikenal tadi malam,” jelasnya

Kita berharap semoga persoalan ini bisa diselesaikan dengan baik demi kemaslahatan ummat dan pembangunan masjid dapat dilanjutkan. (sangpencerah.id)


EmoticonEmoticon